Apa yang harus dilakukan oleh maganger SAT?

SOP SAT Puskom UNS episode ke-2. Tulisan ini masih bagian dari langkah untuk menggoalkan Misi “SOP SAT PUSKOM” yang aku target bisa jadi tahun ini. Kalo kemarin, kurnia cerita tentang apa yang harus dilakukan oleh seorang Koordinator SAT, kini giliran kurnia cerita tentang apa yang harus dilakukan oleh maganger SAT secara umum. Tulisan ini, bisa menjadi gambaran juga buat temen-temen mahasiswa yang nantinya pengen menjadi maganger SAT tahun depan. Insya Allah.

Maganger SAT, atau lebih keren disebut dengan Crew SAT memiliki beberapa tugas yang harus dilaksanakan dalam kesehariannya. Layaknya orang magang disebuah instansi, ada tugas pokok yang harus dipenuhi selama proses magang. Seperti kurnia dulu ketika magang di Kantor PDE Kabupaten Boyolali (sekarang sudah bubar -red), Kurnia juga mendapat tugas. 1/ membantu projek pembuatan peta boyolali. Sebuah projek yang sudah akut, karena beberapa tahun sempat ditelantarkan dengan alasan ada proyek yang lebih penting. 2/ membantu projek pendataan komputer di seluruh jajaran kerja kabupaten Boyolali. 3/ membantu projek pemasangan koneksi di satuan kerja yang berada dibawah naungan kabupaten boyolali. Nagh, hal serupa juga ada di SAT. Mau tahu? Mari kita lihat satu persatu.

1/ Jaga warnet (SAT1 dan SAT2) secara bergantian! Ini adalah tugas yang rutin yang dilakukan tiap hari. Dilakukan secara bergantian menurut jadwal yang sudah diatur oleh Koordinator dari jadwal kosong yang terkumpul dari seluruh maganger. Jadwal jaga dimulai dari jam 7am untuk hari biasa, dan jam 8am ketika bulan ramadhan. Jadwal jaga diakhiri pada jam 5pm untuk hari biasa dan 4pm untuk bulan ramadhan. Tugas yang dilakukan ketika jaga adalah
a) Menjalankan biling, melakukan start dan stop billing. Maklum bilingnya kita masih manual. Terakhir, kita menggunakan BiOS (billing opensource buatan team baliwae).
b) Memantau user yang memakai komputer dan membantu jika ada kesulitan
c) Menerima pembayaran internet dan transaksi. Di SAT kita belum bisa memberikan akses gratis, karena belum ada subsidi khusus yang diberikan oleh pusat terkait pelayanan Self Access Terminal ini. Saat ini kita masih menggunakan uang dari akses teman-teman untuk membayar operasional kerja, mulai dari maintance sampe uang lelah untuk teman-teman maganger. Kalaupun ada, mungkin untuk alokasi bandwidht :). Oh ya… selain akses internet, SAT juga melayani Print, Scan, burning dan penjualan soft drink.

2/ Melaksanakan tugas tiap divisi masing-masing. Ini lebih spesifik, begantung pada divisi masing-masing. Sebelumnya mari kita lihat susunan divisi ‘aktif’ SAT saat ini.
Divisi multimedia
Divisi linux
Divisi hotspot
Divisi jaringan
Divisi training
Nagh, tiap-tiap divisi mempunyai tugas masing-masing. Mungkin lebih detailnya, sebaiknya diuraikan dalam post tersendiri. Tunggu tulisan kurnia selanjutnya.

3/ Membantu proses pendaftaran mahasiswa baru UNS, baik yang melalui PBUS, PMDK, maupun SPMB. Setiap tahun Insya Allah tugas ini menjadi tugas dari temen-temen SAT untuk membantu proses lancarnya proses pendaftaran dan registrasi ulang calon mahasiswa yang dinyatakan lulus. Semenjak, UNS mulai meberlakukan pendaftaran secara online, SAT menjadi tempat paling strategis untuk melakukan pendaftaran. Selain tempatnya yang tidak jauh dari gedung SPMB dan rektorat juga karena ada team didikan PUSKOM UNS ini Insya Allah siap membantu mahasiswa dalam proses pendaftarannya. Point ini nantinya juga harus mendapat jatah pembahasan tersendiri. Karena melihat pelaksanaan tahun kemaren juga masih agak semrawut dan kurang termanage dengan baik. Ya… biasa, karena kurangnya koordinasi menyebabkan beberapa hal jadi miss comm 🙂

4/ Menyelenggarakan Pelatihan-pelatihan ICT. Hal ini tidak lepas dari misi SAT yang ingin menjadi pusat ICT di UNS. Di bawah koordinasi Div. training, temen-temen SAT melakukan beberapa pelatihan. Seperti yang sudah kita lakukan ketika bulan ramadhan kemaren dengan membuat Pekan SAT. Selain itu, juga ada pelatihan-pelatihan lain yang kita agendakan tiap 2 minggu sekali.

5/ Melakukan proses instalasi dan maintance komputer secara berkala. Setiap maganger, memiliki minimal 1 PC yang menjadi tanggungan pribadi. PC tsb menjadi hak milik maganger yang ditentukan oleh Koordinator SAT. Hal milik ini dalam arti bukan trus bisa dibawa pulang, tapi dalam arti seperti milik pribadi yang harus dijaga dan dirawat seperti milik sendiri. Hal rutin yang dilakukan di point ini adalah melakukan update Antivirus dan perawatan komputer secara berkala. Walau pada prakteknya masih sulit memberikan budaya ini kepada temen-temen. Tapi alhamdulillah, beberapa sudah sadar akan kewajibannya.

6/ Membantu Puskom dalam projek-projeknya. Tugas ini sifatnya insidental. Projek terakhir adalah membuat Seminar Inovasi Wireless dengan pihak Indosat yang alhamdulillah berjalan dengan cukup lancar. Kemudian ada juga, projek webomatrics. Temen-temen SAT diminta untuk membantu dalam sosialisasi layanan blog di UNS. Mulai dari pasang spanduk, sebar poster ke tiap-tiap prodi sampai menjadi asisten pejabat dekanat untuk mulai ngeblog :).

Apa lagi ya?

Baru itu yang bisa kurnia ingat. Selebihnya akan kurnia tulisan selanjutnya.